Sabtu Legi,  23 September 2017 13:33 WITA
Jl. Basuki Rachmat Niti Mandala Renon, Bali
birohumas@baliprov.go.id
+62 361 - 224671 ext 503 (Hotline)
   
FOTO KEGIATAN
Foto Kegiatan Lainnya

TABLOID BALI MANDARA

September, 2017
MSSR KJS
     12
3456789
10111213141516
171819202122 23
24252627282930

KRITIK DAN SARAN
26 Juni 2017
  Inengah sujana
  Kesehatan
 
19 Juni 2017
  mawardi
  anak pegawai instansi vertikal tidak bisa sekolah di prov bali
 
18 Juni 2017
  Sancita Wiguna
  Pembinaan Baleganjur PKB ke-39 di Kabupaten Badung
 
17 April 2017
  tutde
  KIPEM
 
17 Maret 2017
  I Gede Putra Dewantara
  transportasi tourist dari bandara ke BTDC
 


Chat Support
  Chatting Support 1 :
Chatting Support 2 :
 
 
PROGRAM UNGGULAN
JKBM
 

Jaminan Kesehatan Bali Mandara (JKBM)

Program ini bertujuan untuk meningkatkan akses & mutu pelayanan kesehatan msyarakat Bali. Melalui JKBM diharapkan meningkatnya cakupan masyrakat Bali yang mendapatkan pelayanan kesehatan serta meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan. JKBM diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Bali yang belum memiliki jaminan kesehatan. Pelayanan dilaksanakan di seluruh Puskesmas Pembantu, Puskesmas dan Rumah Sakit Pemerintah di seluruh Bali.

Anggaran APBD Provinsi yang dialokasikan untuk program ini adalah sebesar Rp. 100 milyar pada Tahun 2010 dan  2011. Sementara dana pendamping dari pemerintah kabupaten/kota se-Bali sesuai dengan kemampuan daerah pada Tahun 2010 dan 2011 masing-masing berjumlah Rp. 81.254 milyar.

Sedangkan pada Tahun 2012 pada APBD Provinsi Bali dianggarkan RP. 104,272 milyar dan pendampingan pemerintah kabupaten/kota se-Bali berjumlah Rp 88,484 milyar.

Ditambah lagi pada APBD Perubahan Tahun 2012, Program JKBM ini kembali dianggarkan tambahan dana sebesar Rp. 44,173 milyar. Jadi pada Tahun 2012, total Pemerintah Provinsi Bali mengalokasikan dana untuk program JKBM sebesar Rp. 236,930 milyar.

Sejalan dengan itu keterjangkauan program ini ditunjukkan oleh jumlah peserta/Pasien yang dilayani  pada Puskesmas dan rumah sakit se-Bali yang semakin meningkat :

  • Tahun 2010 sebanyak 2.535.886 jiwa
  • Tahun 2011 sebanyak 2.936.886 jiwa

Peningkatan ini tentunya bukan karena penurunan derajat kesehatan masyarakat tetapi justru karena program ini telah dikenal dan dipahami oleh selupuh lapisan masyarakat Bali.

Persyaratan identitas peserta JKBM :

  • Fotocopy KTP Bali bagi masyarakat yang berumur di atas 17 (tujuh belas) tahun
  • Fotocopy KK bagi yng berumur di bawah 17 (tujuh belas) tahun
  • Bayi (berumur kurang dari 1 tahun) menyerahkan fotocopy identitas orang tua dan surat keterangan kelahiran
  • Masyarakat yang mengalami kelainan jiwa dapat menggunakan fotocopy Surat Keterangan mengalami kelainan jiwa dari Kelian Banjar atau Kepada Desa atau
  • Menggunakan kartu elektronik JKBM.

Saat ini telah diupayakan pelaksanaan program kartu elektronik JKBM, sehingga identitas peserta menggunakan kartu elektronik JKBM.

Pelayanan kesehatan yang diberikan di Puskesmas :

  • Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP), dilaksanakan pada Puskesmas dan jaringannya baik dalam maupun luar gedung
  • Rawat Inap Tingkat Pertama (RITP), dilaksanakan pada Puskesmas Perawatan
  • Pelayanan gawat darurat (emergency)

Pelayanan kesehatan yang diberikan di Rumah Sakit :

  • Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL), dilaksanakan di Poliklinik Spesialistik Rumah Sakit Pemerintah yang merupakan jejaring JKBM
  • Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL), dilaksanakan pada ruang perawatan kelas III Rumah Sakit Pemerintah
  • Pelayanan gawat darurat (emergency)

Sementara pelayanan yang dibatasi adalah :

  • Kacamata yang diberikan pada kasus ganguggan refraksi dengan lensa koreksi minimal +1/-1 dengan nilai maksimal Rp. 200.000 berdasarkan resep dokter.
  • Intra Ocular Lecs (IOL) diberi penggantian seusia resep dari dokter spesialis mata dengan nilai maksimal Rp. 300.000,- untuk operasi katarak metode Phaeco dan maksimal Rp. 400.000,- untuk bola mata palsu.
  • Pelayanan penunjang diagnostik canggih. Pelayanan ini diberikan hanya pada kasus-kasus lifesaving dan kebutuhan penegakan diagnosa yang sangat diperlukan melalui pengkajian dan pengendalian oleh Komite Medik.
  • Terapi Hemodialisa diberikan maksismal sebnayak 6 kali untuk kasus baru.

Dan pelayanan yang tidak dijamin adalah :

  • Pelayanan yang tidak sesuai prosedur dan ketentuan (sesuai pedoman)
  • Bahan, alat dan tindakan yang bertujuan untuk kosmetika
  • General checkup
  • Prothesis gigi tiruan
  • Operasi Jantung
  • Pengobatan Alternatif (antara lain akupuntur, pengobatan tradisional) dan pengobatan lain yang belum terbukti secara ilmiah.
  • Rangkaian pemeriksaan, pengobatan dan tindakan dalam upaya mendapatkan keturunan, termasuk bayi tabung dan pengobatan impotensi.
  • Pelayanan kesehatan pada masa tanggap darurat bencana alam
  • Pelayanan kesehatan yang diberikan pada kegiatan bakti sosial
  • Pelayanan kesehatan canggih (kedokteran nuklir, transplantasi organ)
  • Pembersihan karang gigi dan usaha meratakan gigi
  • Ketergantungan obat-obatan,
  • Obat di luar formularium obat program Jamkesmas Tahun 2008
  • Sirkumsisi
  • Anti Retro Viral (ARV)
  • Cacat Bawaan
  • Biaya Transportasi
  • Biaya Autopsi atau Biaya Visum
  • Chemoterapi
  • Kecelakaan lalu lintas
  • Percobaan Bunuh Diri
 
 
YOUTUBE
Video Kegiatan Lainnya

VIDEO STREAMING
Perbesar Video

INFO PENTING
Bali Safety
 
Daftar Muspida/Pejabat
 
Kedutaan Asing
 
Kurs Rupiah
 
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
 
Nomor Telpon Penting
 
Rumah Sakit di Bali
 

JAJAK PENDAPAT
Apakah Anda Sudah Memahami Program Bali Mandara ?
Sangat Paham
Paham
Agak Paham
Belum Paham
 
Responden : 282 Responden
Lihat hasil





Informasi

Beranda
 
Peta Situs
 
Situs Terkait
 
Saran
 
Kontak
 
Mobile
 

Situs Terkait
 
Data Peraturan Hukum Provinsi Bali
 
Pemerintah Kabupaten Jembrana
 
Pemerintah Kabupaten Bangli
 
Pemerintah Kota Denpasar
 
Pemerintahan Kabupaten Karangasem
 
Situs Terkait Lainnya
Pengunjung


4337189

Pengunjung hari ini : 534
Total pengunjung : 499864

Hits hari ini : 5953
Total Hits : 4337189

Pengunjung Online: 19


Info Kontak

Jl. Basuki Rachmat Niti Mandala Renon, Bali
Telp : +62 361 - 224671 ext 503 (Hotline)
Telp : +62811 3881 875 (SMS)
Email : birohumas@baliprov.go.id
Website : http://birohumas.baliprov.go.id


Copyright © 2013 birohumas.baliprov.go.id - Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Bali - Bali Indonesia. All Right Reserved.