Jumat Pahing,  19 Oktober 2018 19:59 WITA
Jl. Basuki Rachmat Niti Mandala Renon, Bali
birohumas@baliprov.go.id
+62 361 - 224671 ext 503 (Hotline)
   
FOTO KEGIATAN
Foto Kegiatan Lainnya

TABLOID BALI MANDARA

Oktober, 2018
MSSR KJS
 123456
78910111213
1415161718 1920
21222324252627
28293031   

KRITIK DAN SARAN
21 April 2018
  iwayan budihartawan
  Penyaluran Bedah Rumah Yang Tepat
 
08 Februari 2018
  Alvin Perdana
  Pantai Kuta penuh sampah
 
01 Februari 2018
  I Gede Ardana
  Toilet di kantin ktr gubeenur bali
 
06 Januari 2018
  Putu sugianto
  Bedah rumah
 
18 Desember 2017
  Gede Arnaya
  SK Gubernur terkait Dispensasi hari Suci Hindu
 


Chat Support
  Chatting Support 1 :
Chatting Support 2 :
 
 
BERITA DETAIL
http://www.birohumas.baliprov.go.id/ - Kamis, 12 Oktober 2017
Pemprov Bali Canangkan Penerapan Pengawasan Berbasis Online
Dibaca: 389 Pengunjung


Oleh : Biro Humas Setda Prov Bal

Meningkatnya tuntutan masyarakat atas penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, adil, transparan, dan akuntabel diperlukan komitmen pemerintah untuk mewujudkan good governance khususnya dalam pemberantasan korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk itu kinerja atas penyelenggaraan organisasi pemerintah perlu terus ditingkatkan salah satunya dapat ditempuh melalui sistem pengawasan berbasis online. Demikian disampaikan Gubernur Bali Made Mangku Pastika dalam arahannya kepada jajaran Inspektorat Provinsi Bali terkait Sistem Informasi Inspektorat Provinsi Bali tahun 2017 bertempat di Ruang rapat Sabha Mandara Utama, Kantor Inspektorat Provinsi Bali, Rabu (11/10).

Lebih jauh, Gubernur Pastika menyampaikan, sebagai Aparat Pengawasan Internal Pemerintah ( APIP ), Inspektorat Daerah memiliki peran dan posisi strategis baik ditinjau dari aspek fungsi-fungsi manajemen maupun dari segi pencapaian visi dan misi serta program-program pemerintah. Dalam empat fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, fungsi perencanan dan pengawasan memegang peran penting disamping dua fungsi lainnya. Namun untuk saat ini pelaksanaan fungsi pengawasan masih mengalami beberapa kendala seperti banyaknya dokumen dalam bentuk hardcopy atau rusaknya dokumen yang berimbas  kurang akuratnya dokumen yang diperiksa. Untuk itu kedepannya diperlukan suatu sistem pengawasan yang berbasis online yang akan dapat mempermudah pekerjaan dan dokumen terarsip secara digital. “Nantinya tidak ada pemeriksa membawa berkas yang bertumpuk tumpuk atau harus menghabiskan waktu untuk tatap muka. Dengan berbasis online semua lebih akurat, lebih memudahkan pekerjaan kita, “imbuhnya.

Untuk itu, Gubernur Pastika menginstruksikan jajarannya khususnya Diskominfos untuk merancang sistem pengawasan online tersebut dan diterapkan secara terintegrasi. “Memang kelihatannya itu sulit, tapi saya yakin bisa. Semua jajaran berkerjasama untuk mewujudkan sistem ini. Semua harus coba dan kerjakan, “pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Inspektur Provinsi Bali Ketut Teneng dimana saat ini beberapa permasalahan dihadapi  dalam melakukan pemeriksaan diantaranya dokumen yang masih dalam bentuk hardcopy, sistem yang partial dan belum terintegrasi, sistem informasi yang dibangun pemerintah pusat belum dimanfaatkan secara maksimal, jadwal tatap muka auditor yang sering tidak sesuai jadwal, berkas yang rusak serta kurangnya atau terbatasnya SDM fungsional pemeriksa. “Saat ini Inspektorat Provinsi Bali secara keseluruhan masih kekurangan 42 orang fungsional pemeriksa, “imbuhnya.

Untuk mengatasi permasalahan diatas kedepannya diperlukan beberapa strategi diantaranya dengan standarisasi pembangunan sistem serta pengintegrasian sistem, dukungan regulasi serta dukungan sumber daya manusia.   


Dibaca: 389 Pengunjung


 
Berita Lainnya
19 Juli 2018 : Terima 30 Orang CPNS Kemendagri Lulusan IPDN, Sekda Dewa Indra Tekankan Jangan Bersikap Eksklusif
18 Juli 2018 : Gubernur Pastika : Perdalam Pemahaman Makna Upacara, Pertebal Sradha dan Bhakti Kehidupan Beragama Umat Hindu
18 Juli 2018 : KUNJUNGI SURABAYA, BIRO HUMAS DAN PROTOKOL SETDA PROV. BALI MENGGANDENG AWAK MEDIA UNTUK MENGETAHUI PENGOLAHAN SAMPAH
17 Juli 2018 : Perlahan Penuhi Kuota Ideal, Kepala BPSDM Lantik Widyaiswara
17 Juli 2018 : Gubernur Pastika Ambil Sumpah 50 PNS di Lingkungan Pemprov Bali
Cari berita :    
 
YOUTUBE
Video Kegiatan Lainnya

VIDEO STREAMING
Perbesar Video

INFO PENTING
Bali Safety
 
Daftar Muspida/Pejabat
 
Kedutaan Asing
 
Kurs Rupiah
 
Layanan Pengadaan Secara Elektronik
 
Nomor Telpon Penting
 
Rumah Sakit di Bali
 

JAJAK PENDAPAT
Apakah Anda Sudah Memahami Program Bali Mandara ?
Sangat Paham
Paham
Agak Paham
Belum Paham
 
Responden : 331 Responden
Lihat hasil





Informasi

Beranda
 
Peta Situs
 
Situs Terkait
 
Saran
 
Kontak
 
Mobile
 

Situs Terkait
 
Data Peraturan Hukum Provinsi Bali
 
Pemerintah Kabupaten Jembrana
 
Pemerintah Kabupaten Bangli
 
Pemerintah Kota Denpasar
 
Pemerintahan Kabupaten Karangasem
 
Situs Terkait Lainnya
Pengunjung


5913983

Pengunjung hari ini : 436
Total pengunjung : 728279

Hits hari ini : 3378
Total Hits : 5913983

Pengunjung Online: 12


Info Kontak

Jl. Basuki Rachmat Niti Mandala Renon, Bali
Telp : +62 361 - 224671 ext 503 (Hotline)
Telp : +62811 3881 875 (SMS)
Email : birohumas@baliprov.go.id
Website : http://birohumas.baliprov.go.id


Copyright © 2013 birohumas.baliprov.go.id - Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Bali - Bali Indonesia. All Right Reserved.